Saturday, January 23, 2021
Home Keuangan 7 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Cerdas

7 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Cerdas

keuangan keluarga yang sehat

Secara garis besar, ruang lingkup manajemen keuangan mencakup proses penganggaran, pembelanjaan, menabung, hingga melakukan investasi secara bijak. Proses ini sendiri membutuhkan banyak keterampilan, mulai dari membangun kepercayaan, komunikasi, hingga penyelesaian konflik. Sebab, kita semua juga tahu bahwa utang yang terlambat dibayar akan memberikan bunga berlipat dari biasanya. Dan ini akan semakin membebani pengeluaran utama, terlebih dengan penghasilan yang tidak berubah.

Nanti ketika dana simpanan sudah cukup banyak, mulailah melakukan investasi. Beberapa pernanaman modal yang bisa dilakukan melalui risiko yang cukup tipis misalnya berinvestasi dengan berbisnis rekening deposito, tabungan emas, dan sebagainya. Gunakan dollar sesuai dengan pos-pos yg telah dibuat dan gak usah mudah tergoda untuk membelanjakannya di luar kebutuhan primer yang sudah ditetapkan. Manalagi jika kita termasuk keturunan sandwitch yang menanggung member keluarga lain. Gali lubang tutup lubang bisa berlangsung karena kita tidak mencatat keuangan dengan baik lalu jelas. Otomatis kita oleh karena itu semena-mena menghamburkan uang yg ada, bahkan untuk keperluan yang tidak penting. Contoh, kita jadi gampang 1x pergi ke kafe semata-mata untuk bersenang-senang dan memilih kopi dengan harga sekeliling 60 ribuan.

keuangan keluarga yang sehat

Kelihatannya bagi Mama Papa yg belum menyiapkan atau kaga bisa memenuhi dana darurat kaget dengan totalnya. Gak perlu khawatir, Mama Papa bisa tetap memenuhi target tersebut dengan mulai menyisihkan 10%-15% dari pendapatan bulanan untuk dana darurat. Memiliki dana darurat adalah hal penting untuk menghindari kejadian yang tidak dinginkan. Setidaknya, Mama Papa harus memiliki sekitar 12 kali dari total pengeluaran sebulan sebagai dana darurat. Misalnya bicara soal persiapan pendidikan anak, Prita menyarankan agar orang tua memprioritaskan dana untuk kuliah.

Jika kamu memiliki lahan investasi yang bisa likuid, maka bisa juga dijadikan dana usia senja. Keluarga yang memiliki perencanaan serta pengelolaan keuangan yang baik, akan merasa lebih aman dalam menjalani hari-harinya. Tidak hanya itu, keluarga juga lebih siap ketika harus menghadapi masa-masa sulit.

Pertama adalah apa saja yang membuat pengeluaran rumah tangga melebihi dari persentase tersebut, dan garis bawahi pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu. Jika Anda mencatat dengan rutin setiap pengeluaran yang dilakukan, maka akan lebih mudah untuk mengecek mana yang perlu lalu tidak perlu. Kedua, pikirkan untuk mengurangi pengeluaran / menambah pemasukan jika pasti sudah benar-benar tidak dapat dikurangi lagi ke depannya.

Jadi, tak perlu menunggu jadi pegawai untuk memiliki hari tua yang terjamin karena siapa pun bisa memilikinya asalkan punya niat. Setelah menabung khusus untuk hari tua, investasi jangka panjang juga bisa digunakan untuk membuat hari tua lebih terjamin. Selain asuransi, masih ada cara lain untuk memproteksi keuangan, misalnya saja dengan menanamkan modal pada sebuah investasi yang bisa memberikan keuntungan. Tak bisa dimungkiri bahwa kebutuhan yang tinggi membuat seseorang mengandalkan pinjaman untuk memenuhinya, misalnya seperti utang KPR, kredit kendaraan, perabotan, elektronik, dan lainnya. Tentunya utang tersebut harus dibayarkan wajib tiap bulan dengan nominal angsuran yang tidak sedikit jumlahnya. Jika sebuah keluarga khususnya suami istri masing sering bertengkar gara-gara masalah keuangan, maka hal itu menandakan bahwa keuangannya belum sehat. Sebab jika suatu keluarga keuangannya sudah sehat, meskinya pertikaian yang disebabkan oleh perkara ini tidaklah mesti terjadi.

- Advertisment -

Most Popular

Cara Mengatasi Kulit Kusam & Breakout Selama Dalam Rumah Aja

Buat usia dewasa, kulit proses regenerasi sel setiap twenty eight hari sekali. Sebelum menggapai siklus regenerasi ini, c?ur kulit yang mati maka akan terkumpul...

Trik Merawat Kucing Anggora Yg Mudah Dan Sederhana

Anda harus memastikan induk kucing menjilati anak-anaknya pasca dilahirkan. Tujuannya bukan cuma untuk membersihkan kittens, melainkan juga merangsang pernapasan dan eliminasinya. Dengan vitamin dan obat...

Agar Sehat Dan Gemuk, Begini Cara Merawat Anak Kucing Yang Ditinggal Induk

Untuk itu, sebaiknya sejak kecil, mulailah ajarkan kebiasaan baik pada si kucing. Perlu kamu ketahui bahwa makanan anjing nggak memiliki kandungan taurin. Untuk vitamin dapat...

Cara Mengubah Kuota Videomax Jadi Kuota Reguler

Saya amat aktif berselancar di sedikit media sosial seperti Instagram dan Twitter. Dari sanalah saya membaca, mencermati, lalu memahami watak para pemilik media sosial...

Recent Comments