Saturday, January 16, 2021
Home Keuangan Apakah Keuangan Kamu Sehat? Berikut Cara Mengukurnya

Apakah Keuangan Kamu Sehat? Berikut Cara Mengukurnya

keuangan keluarga yang sehat

Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial (Peer-to-Peer Lending) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia. Terlebih ketika keuangan keluarga sedang tidak sehat bahkan tidak stabil. Sebab dapat menciptakan masalah baru yang sukar ditangani dan membuat hidup jadi lebih berat karena terlilit utang.

Misalnya, seseorang telah bekerja selama 10 tahun dengan jumlah total penghasilan sebesar Rp5 Milyar. Maka, seharusnya saat ini telah memiliki aset investasi sebesar Rp500 juta. Jika saldo aktual lebih kecil dari Rp500 juta atau bahkan tidak ada, maka keuangannya terancam tidak sehat. Investasi adalah strategi penting dalam perencanaan keuangan rumah tangga untuk mencapai berbagai tujuan keuangan.

Namun tidak hanya tersebut, masih banyak alasan yang lain mengapa manajemen keuangan family memainkan peranan yang sangat penting. Investasi memang salah satu cara yang dianjurkan untuk membuat keuangan family menjadi lebih aman serta terjaga.

Namun sebelum memikirkannya lebih jauh, pikirkan terlebih dulu bagaimana kondisi keuangan Kamu sesungguhnya. Jangan sampai ekonomi keluarga yang sedang bukan sehat dipaksakan untuk berinvestasi. Beberapa orang berpendapat asuransi merupakan proteksi finansial yg sangat bagus karena mempunyai berbagai macam produk yg bisa disesuaikan dengan kepentingan. Sebab ketika terjadi pasal keuangan, Anda tak mempunyai pegangan apapun untuk mmelindungi diri secara finansial. Ekonomi yang tidak terproteksi sebagaiselaku, ala, menurut, maksimal sangat berisiko tuk masa depan keluarga sebagaiselaku, ala, menurut, keseluruhan. Salah satu ciri keuangan keluarga yang sehat adalah jelasnya jumlah pemasukkan dan pengeluaran yang berlangsung setiap bulannya. Jika sesuatu ini sudah terjadi, jadi bisa dikatakan keuangan suatu keluarga sudah sehat.

keuangan keluarga yang sehat

Ini menjadi ciri dari keuangan keluarga yang sehat, Moms sudah memahami bagaimana alur uang masuk dan keluar dalam keuangan keluarga. Berikut ini ciri-ciri bila Moms dan Dads memiliki keuangan keluarga yang sehat. Contoh investasi emas atau investasi properti seperti tanah, rumah, kontrakan dan lainnya yang dapat memberikan rasa aman terhadap keuangan keluarga. Jika seseorang masih enggan juga untuk melakukan evaluasi yang menyeluruh, coba tanyakan hal ini pada diri sendiri. Berapa jumlah penghasilan yang telah diterima sejak pertama kali bekerja? Maka, kalikan angka tersebut dengan 10%, untuk mendapatkan angka jumlah aset minimum yang seharusnya sudah dimiliki.

Nantinya, uang tabungan ini bisa dialokasikan untuk hal lain seperti melunasi utang, atau digunakan untuk membiayai dana darurat suatu saat nanti. Keuangan keluarga yang stabil itu berarti tidak mengalami kepanikan ketika terjadi suatu ‘bencana’ atau hal yang tak terduga. Karena itu, pastikan Moms memiliki ciri keuangan keluarga yang sehat ini.

Generasi milenial yang segenap kini telah menjadi orangtua muda, ternyata banyak yg belum berkomitmen menabung. Keuntungan survei yang dirilis dengan Indonesia Millennial Report 2019, menyebutkan, kelompok usia produktif tahun di Indonesia sebatas menyisihkan 10, 7% dri pendapatan rutin mereka tuk tabungan. Pendapatan para family milenial itu sudah bertambah dulu habis untuk menutup kebutuhan rutin bulanan serta biaya hiburan. Selain tersebut, semua kebutuhan dasar griya tangga dan pendidikan dapat diselesaikan tepat waktu, dan masih ada dana tuk entertainment dan traveling. “Intinya pengeluaran selalu lebih ingusan daripada penghasilan, ” terang Freddy. Anda juga bisa tahu di mana pengeluaran yang kurang perlu dan bisa dialokasikan untuk tabungan.

Sesuatu ini dikarenakan apabila keseluruhan sudah tercatat dengan terang maka bisa diketahui dimana yang menyebabkan pemborosan hingga untuk ke depannya dapat untuk dikurangi. Agar makin menguatkan dan memberi semangat untuk membuat catatan ekonomi keluarga, berikut beberapa tanda pentingnya mencatat pengeluaran moitiƩ keuangan keluarga yang sehat.

Namun, tanpa adanya kapasitas berinvestasi atau investment capability, maka seseorang umumnya tidak punya dana lebih untuk diinvestasikan. Sebelum masuk ke tahap menjadi investor, seseorang memang sebaiknya memiliki keuangan yang sehat.

- Advertisment -

Most Popular

Alasan Polusi Dan Debu Bikin Kulit Kusam

Oleh karenanya, penting tuk memperhatikan tingkat keseimbangan minyak dan air pada kulit agar terlihat berseri nan sehat. Ketika kelembapan kulit tercukupi, maka kulit kusam...

Kelebihan Serta Kekurangan Mobil Bertransmisi Matic Dan Manual

Dan jika pembeli ingin memperbaikinya pun sesudah dihitung- hitung biayanya patut mahal. Mengingat semakin meningkatnya ketertarikan orang-orang terhadap mobil matic membuat perkembangannya patut pesat...

41 Jenis Usaha Bidang Jasa Terlaris Yg Bikin Untung

Contohnya halnya dalam hal penulisan, keahlian desain grafis amat diperlukan oleh dunia marketing. Contohnya, desain logo, design kemasan produk, desain brosur dan lainnya. Pun...

Cara Merawat Anak Kucing Agar Besih Dan Sehat Hingga Dewasa Umur 5 Tahun

Hal terkait dilakukan untuk mewaspadai peningkatan atau penurunan berat awak bayi kucing yang berlebihan. Normalnya bayi kucing mendapatkan penambahan berat badan ten gram setiap...

Recent Comments