Tuesday, June 15, 2021
No menu items!
Home Keuangan Seperti Apa Keuangan Keluarga Yang Sehat? Ayo Cek Tandanya

Seperti Apa Keuangan Keluarga Yang Sehat? Ayo Cek Tandanya

keuangan keluarga yang sehat

Bukankah kalau punya hutang yang tidak produktif justru akan membuat Anda dikejar perasaan khawatir tidak bisa membayar dan akhirnya malah tidak merasa bahagia? Karena itu sangat penting untuk menyeimbangkan berbagai aspek finansial, mulai dari pendapatan, pengeluaran, investasi, hingga pemenuhan tujuan dasar hidup Anda. Jika saat ini kita belum memilikinya, maka bergegaslah mulai dari sekarang untuk menyisihkan penghasilan yang masuk untuk pos dana darurat. Jadi selain dana tabungan dan investasi, kita juga perlu menyediakan satu pos lagi sebagai dana darurat. Uang yang tersedia di dana darurat ini hanya boleh dipakai kalau kita benar-benar membutuhkannya.

Asalkan rutin dan konsisten dilakukan, catatan keuangan ini bisa dijadikan sebagai perhitungan investasi dan persiapan kondisi keuangan keluarga di masa depan. Catatan keuangan ternyata bukan hal yang bisa disepelekan karena ini merupakan bentuk dari perencanaan keuangan. Tujuan dari catatan keuangan adalah agar kamu dan pasangan bisa mengetahui total pemasukan, pengeluaran primer termasuk tagihan dan cicilan, serta tabungan bulanan. Hal yang perlu dilakukan lebih dulu, pasangan suami istri harus mampu mengidentifikasi kebutuhan hidup bersama, baik kebutuhan jangka pendek, menengah dan panjang. Dengan mengidentifikasi kebutuhan, bisa menetapkan prioritas keuangan rumah tangga. Seandainya pun perempuan juga bekerja sehingga ada double income di dalam keluarga, istri juga lebih sering mengelola uang buat operasional rumah tangga. Sementara pria berpikir lebih high-level dan meng-address kebutuhan yg besar-besar, seperti beli griya, mobil, atau investasi sebagainya.

Mulailah dari sekarang untuk mengatur keuangan untuk kebutuhan keluarga di masa yang akan datang agar sesuai dan terencana. Aturlah keuangan bersama-sama dan saling memberi masukan satu sama lain. Yang terpenting adalah jangan sampai apa yang Anda keluarkan atas nama tujuan dasar hidup menjadi sesuatu yang berlebihan, bahkan membuat Anda harus memiliki banyak hutang.

keuangan keluarga yang sehat

Seseorang dikatakan memiliki keuangan yang sehat jika setidaknya memiliki tabungan yang nilai saldonya lebih dari pengeluaran bulanan tetap. Untuk itu penting sekali mengetahui bagaimana kondisi keuangan, sebelum mulai tergiur iming-iming investasi. Padahal penghasilan setiap bulan sudah cukup besar, tetapi tetap saja rasanya tidak cukup untuk menutupi kebutuhan setiap bulan. Nah, dalam mengelola keuangan keluarga tentunya penting bagi sahabat satuters untuk bisa lebih teliti lagi, agar keluarga dapat hidup sejahtera. Setiap rumah tangga pasti punya rencana untuk masa depan yang lebih baik.

Untuk membuat keuangan griya tangga lebih teratur, nyata baiknya untuk membuat kalendarium tagihan setiap bulan. Biasakan untuk teratur melakukannya dalam awal bulan, setidaknya dalam tanggal 10 setiap bulan. Hal ini akan mendukung Anda menjadi lebih teratur dan terhindar dari biaya denda. Investasi ini ialah hal yang harus dimiliki oleh setiap keluarga buat mencapai tujuan keuangan. Pernanaman modal ini nilainya tidak maka akan menyusut seperti tabungan lalu dana darurat.

Usahakan, besarnya jumlah kewajiban cicilan setiap bulan ini tidak lebih dari 20 persen dari jumlah keseluruhan penghasilan yang kita dapatkan. Jika utang lebih besar dari penghasilan, tentu keuangan kita jadi tidak sehat karena ada kebutuhan utama lain yang harus dikorbankan hanya demi membayar utang. Tantangan yang sering dihadapi ketika menabung ialah menggunakan dana tabungan bukan untuk peruntukannya. Misalnya, Anda tiba-tiba harus menguras tabungan karena ada anggota keluarga yang jatuh sakit atau tertimpa kemalangan. Supaya tabungan Anda aman dan dapat mewujudkan rencana-rencana di masa depan, Anda perlu membentuk dana darurat, yakni dana siaga yang bisa dipakai di waktu mendesak. Keberadaan dana darurat akan membantu Anda menutup kebutuhan tak terduga tanpa mengambil tabungan yang telah Anda siapkan untuk berbagai rencana di masa depan. Financial diagnosis atau evaluasi kesehatan keuangan digunakan untuk menilai apakah kondisi keuangan sehat atau tidak.

Sebab biasanya orang akan mengorbankan investasi dan proteksi sebagai keuangan dimasa depan. “Artinya, untuk bayar utang, dia rela menunda investasi dan proteksi, ” sebut Eko.

Eko menyarankan, adanya evaluasi kesehatan keuangan keluarga, yakni proses penilaian atas kondisi keuangan setelah jangka waktu tertentu. Yang mana penilaian tersebut dibuat atas dasar perbandingan dengan target yang ditentukan. Jenis asuransi dasar yang bisa dialokasikan untuk keluarga adalah jiwa, kesehatan, pendidikan, dan kendaraan. Semuanya bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan alokasi dana tentunya. Kamu bisa melakukan pencatatan manual di dalam buku, aplikasi smartphone, atau dalam file Excel.

Pandji menyarankan untuk melakukan financial chek up ini, Anda perlu untuk membuat rincian arus kas bulanan dan neraca keuangan. Dana darurat ini dalam bentuk aset lancar setara uang tunai, misalnya, dalam bentuk kas, tabungan, dan deposito sejumlah Rp 20 juta. Dengan asumsi pengeluaran rata-rata sebulanan Rp 5 juta, maka rasio dana darurat Rp 20 juta tersebut setara empat kali. Setiap keluarga tentunya selalu mengharapkan kondisi keuangan yang sehat dan stabil sehingga tujuan keuangan di masa depan tercapai sesuai perencanaan. Diana Sandjadja, Perencana Keuangan dari Tata Dana Consulting, menuturkan, ada beberapa rasio keuangan yang biasanya digunakan untuk mengevaluasi kondisi keuangan keluarga. Kalau dari penghasilan 60% habis untuk bayar hutang, maka bisa dikategorikan keuangan sudah tidak sehat.

Karena pernanaman modal ini akan berpotensi menyediakan pertumbuhan keuntungan jika kamu lakukan secara disiplin lalu jangka panjang. Untuk dapat mengatur keuangan bulanan melalui baik, maka diperlukan anggaran bulanan yang lengkap.

- Advertisment -

Most Popular

Teknik Merawat Kucing Persia Serta Anggora Dengan Benar Agar Tetap Bersih Dan Sehat

Dengan karakteristik tersebut, kamu harus pandai memilih mangkuk tempat makan yang sesuai bagi si kucing. Mangkuk makan yang lebih rendah adalah pilihan terbaik untuk...

Cara Merawat Kucing Anggora Kecil Agar Sehat

Kalau kegiatanmu tidak terlalu padat dan kamu bisa menghabiskan banyak waktu pada rumah, dia cocok menjadi peliharaanmu. Seperti sudah dibahas di atas, jenis angora...

Ubah Kuota Belajar 10 Rupiah 10 Gb Menjadi Kuota Internet Apa Bisa? Ini Penjelasannya

Setidaknya pengaturan APN sudah selesai, selanjutnya kita akan membutuhkan aplikasi lain untuk bisa memaksimalkan kuota MAXstream ini. Kuota MAXstream adalah kuota yang diperuntukkan untuk...

5 Tips Merawat Wajah Kusam Agar Balik Cerah Dan Merona

Penyebabnya pun beragam, mulai dri paparan sinar UV, polusi, hingga pertambahan usia. AKAL RAKYAT - Jika mengincar kulit wajah yang sehat tentunya diperlukan rutinitas...

Recent Comments